Daftar Delapan Kabupaten Di Pulau Flores Saat Ini

Ini Daftar Delapan Kabupaten Di Pulau Flores Saat Ini
Pada artikel ini kita membahas Daftar Delapan Kabupaten Di Pulau Flores Saat Ini. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17 ribu pulau, termasuk Pulau Flores. Pulau Flores adalah salah satu pulau paling populer di Indonesia, terkenal dengan pemandangannya yang indah dan budaya yang beragam. 

Saat ini terdapat delapan kabupaten yang berada di Pulau Flores, antara lain Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, dan Flores Timur. 

Setiap kabupaten memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari pantai Manggarai Timur yang menakjubkan hingga kain tenun tradisional Ngada. Pulau Flores jelas merupakan tujuan yang harus dikunjungi bagi siapa saja yang ingin menjelajahi keindahan dan budaya Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, negara kita terus berkembang dan itu mencakup setiap wilayah, pulau, atau provinsi di dalamnya. Salah satu pulau yang menarik perhatian dunia karena tujuan wisatanya yang menakjubkan adalah Flores. "pulau bunga" ini terus berkembang dari tahun ke tahun, dengan distrik dan divisi baru bermekaran di seluruh pulau. 

Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda melakukan perjalanan mulai dari ujung barat pulau. Bersiaplah untuk terhanyut oleh pesona dan keindahan surga pulau ini!

1. Kabupaten Manggarai Barat - Ibu Kota Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan ibu kota kabupaten Manggarai Barat yang terbentuk pada tahun 2003. Merupakan salah satu kabupaten terbaru di Flores saat ini, sehingga wajar jika kota Labuan Bajo tidak memiliki bangunan tua.

Keunggulan Kabupaten Manggarai Barat adalah banyaknya tempat wisata yang menjadi tujuan utama wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau Padar dan Komodo adalah dua di antaranya.

2. Kabupaten Manggarai - Ibu Kota Ruteng

Kota dingin Ruteng adalah ibu kota Kabupaten Manggarai, salah satu kabupaten tertua nomor dua di Tanah Flores. Dibentuk pada tahun 1960, kota ini mendapat julukan kota seribu biara dan seribu gereja. Kota ini memiliki suhu udara yang sangat dingin, suhu udara normal kota Ruteng adalah 25 derajat Celcius.

Sedangkan suhu terendah bisa mencapai 13 derajat Celcius. Dan menjadikannya nomor 5 dari 10 kota terdingin di Indonesia. Keunggulan kabupaten Manggarai adalah hampir 80 persen tanahnya subur sehingga dapat menghasilkan berbagai jenis tanaman pertanian.

Yang pasti kopi, vanilla, cengkeh, dan kakao. Belum lagi objek wisata yang menjadi daya tarik tersendiri. Kabupaten Manggarai merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di pulau Flores, dan memiliki berbagai situs sejarah. Desa adat, dan tempat wisata seperti gunung, air terjun dan danau.

3. Kabupaten Manggarai Timur - Ibu Kota Borong

Borong adalah Ibu kota dari kab.Manggarai Timur, yang dibentuk pada tahun 2007. Menjadi salah satu kabupaten termuda alias terbaru di Tanah Flores saat ini.

Kab.Manggarai Timur dan Kab.manggarai Barat memiliki cerita yang sama yakni sama-sama daerah kabupaten pemekaran baru dari kab.Manggarai. Tidak heran jika pembanggunan tata kota dari kedua kota ini masih dapat dibilang dalam tahap proses pembaggunan.

Keunggulan yang dimiliki kabupaten Manggarai Timur sebetulnya tidak berbeda jauh dari sang induk kabupaten Manggarai. Hasil pertanian,dan sektor wisata seperti Pantai,Gunung, Air Terjun dan Danau.

4. Kabupaten Ngada - Ibu Kota Bajawa

Kota Bajawa adalah ibu kota dari kabupaten Ngada,dibentuk pada desember tahun 1958 menjadikan Kota Bajawa sebagai salah satu kota tertua yang ada di Flores.

Kabupaten Ngada sendiri memiliki kesamaan dengan kab. Manggarai, kesamaan diantara keduanya yaitu memiliki suhu udarah yang sangat dingin. Keunggulan dari Kab.Ngada sendiri tidak sedikit. Tidak heran jika kabupaten Ngada sangat terkenal dikalangan wisatawan Mancanegara. 

Terlebih bagi yang menyukai adat dan budaya, Salah satu yang terkenal pada saat ini ialah desa Adat Bena, ini baru satu dari sekian banyak yang ada di kab.Ngada.

5. Kabupaten Nagekeo - Ibu  Kota Mbay

Mbay adalah ibu kota dari kabupaten Nagekeo, dibentuk pada tahun 2007 dengan daerah pemekaran baru dari kabupaten Ngada. Keunggulan yang dimiliki kabupaten  Nagekeo tidak beda jauh dari kabupaten kota lainnya di Flores, yakni sektor pariwisatanya yang mempesona. 

Pantai, Air terjun, kampung Adat dan desa Adat. Dibentuk pada tahun (2007) menjadikan Nagekeo sebagai salah satu kabupaten terbaru yang ada di Pulau Flores saat ini.

6. Kabupaten Ende - Ibu Kota Ende

Ende adalah ibu kota dari kabupaten Ende, dibentuk pada tahun 1958 menjadikannya sebagai salah satu kota tertua di Flores. Kota Ende memiliki berbagai macam keindahan Alam,dan situs Besejarah.

Keunggulan yang dimiliki kabupaten Ende tentunya tidak kalah menarik dari kota kabupaten lainnya, salah satu yang namanya melegenda yaitu danau Kelimutu.

Ditambah dengan sejarah mengenai diasingnya bung Karno sang proklamator kemerdekaan, Tentu menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat Ende khususnya, dan masyarakat Flores pada Umumnya.

7. Kabupaten Sikka - Ibu Kota Maumere

Berbicara mengenai Maumere sepertinya tidak asing lagi bagi telinga masyarakat Indonesia. Maumere merupakan Ibu kota dari kabupaten Sikka, kabupaten yang dibentuk pada tahun 1958 ini tidak bisa diremehkan mengenai sektor pariwisatanya.

Salah satu yang membanggakan adalah taman wisata Rohani, dan Sekolah Tinggi Seminari Ledalero. Selain itu ada Pantai, air Terjun, Danau, serta Adat dan Budayanya. Maumere adalah salah satu kota yang saya rekomendasikan bagi umat Katolik yang ingin berwisata Rohani.

8. Kabupaten Flores Timur - Ibu Kota Larantuka

Larantuka adalah ibu kota dari kabupaten Flores Timur termasuk Adonara di dalamnya, dibentuk pada tahun 1958. Terletak diujung timur Pulau Flores menjadikannya sebagai salah satu kabupaten yang memiliki daya tarik tinggi untuk mendatangkan wisatawan.

Sebelum dijadikan ibu kota kabupaten Flores Timur pada tahun 1958, Larantuka merupakan sebuah kerajaan Katolik terbesar yang ada di Nusantara. Sedangkan Keunggulan yang dimiliki kabupaten Flores Timur selain sektor Pariwisata, yaitu julukannya sebagai Beranda Vatikan.

Julukan ini tentu membuat masyarakat Flores Timur sangat bangga.Selain itu tradisi Adat dari tahun ke tahun yang selalu ditunggu-tunggu oleh wisatawan Mancanegara yaitu Semana Santa. Jadi bagi anda yang ingin berwisata Rohani, Larantuka adalah salah satu kota yang saya rekomendasikan, selain Maumere.

Demikian mengenai daftar jumlah kabupaten di pulau Flores saat ini. Artikel ini kami tulis untuk saudara/saudara semua yang kemarin masih bingung dengan kabupaten yang ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Semoga bermanfaat

Comments